Senin, 13 September 2010

Makalah/research : Proposal Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia

PROPOSAL PENELITIAN

PENERAPAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENENTUAN KOMPENSASI NONFINANSIAL KARYAWAN DI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) tbk.

Oleh Didik Ekatnadi




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia pada umumnya mempunyai departemen sumber daya manusia yang berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas pemrosesan yang berhubungan dengan personel organisasi. Salah satu aktivitasnya adalah menentukan penghargaan dan kompensasi yang menjadi hak karyawan bersangkutan selama bekerja pada perusahaan tersebut.

Dalam suatu perusahaan besar pada umumnya terjadi persaingan jabatan dan kedudukan yang ketat. Untuk mendapatkan posisi jabatan yang diinginkan karyawan harus mampu bersaing dengan rekan kerja baik dalam pola berpikir maupun ketrampilan yang dimilikinya. Untuk saat-saat ini khususnya sangat diperlukan sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas dan mampu menghadapi tantangan jaman dimana untuk mendapatkan sumber daya manusia tersebut diperlukan suatu sitem yaitu sistem manajemen sumber daya manusia termasuk didalamnya adalah perencanaan sumber daya manusia.

Perencanaan sumber daya manusia ini diarahkan dan diatur oleh suatu sistem manajemen personalia yang terus menerus melakukan proses manajemen sumber daya manusia agar mampu mendapatkan calon karyawan maupun karyawan yang tepat di posisi yang diinginkan dan pada saat dibutuhkan perusahaan.

Penerapan perencanaan sumber daya manusia ini pada prinsipnya merupakan upaya untuk mengelola sumber daya manusia secara optimal. Perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia ini ditujukan untuk memotivasi karyawan agar lebih produktif dan mencapai prestasi kerja yang memuaskan, seperti penetapan gaji yang layak, penyediaan pola karir, memberikan kepercayaan dan tanggung jawab yang lebih tinggi terhadap suatu tugas perusahaan, memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang, pemberian bonus, insentif, tunjangan, menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, memberikan umpan balik atas kinerja karyawan, mengikutsertakan karyawan dalam asuransi tenaga kerja, dan lain-lain.

Perencanaan sumber daya manusia memegang peranan penting dalam pengelolaan sumber daya manusia karena mampu mendukung aktivitas tersebut, mulai dari perekrutan, proses yang terjadi selama karyawan bekerja di perusahaan tersebut hingga karyawan keluar dan pensiun.

Dari sudut pandang manajemen, penerapan perencanaan sumber daya manusia akan sangat berguna untuk mengidentifikasi, menetapkan, dan mengukur kinerja karyawan yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya manusia. Dengan adanya perencanaan sumber daya manusia, diharapkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya dapat lebih terencana, efektif, dan efisien.

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri semen, dalam perkembangannya mulai tahun 1957 hingga 2010 telah melakukan penambahan kapasitas produksi dan perluasan pabrik sejalan dengan meningkatnya jumlah kebutuhan semen. Dengan 3 pabrik yang berlokasi di Tuban, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia. Dalam aktivitas operasionalnya, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Telah menerapkan sistem perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk menentukan suatu kompensasi nonfinasial berupa jenjang karir, transfer jabatan, seminar, dan tugas belajar. Sebagai perusahaan besar dan mempunyai karyawan yang cukup banyak, maka perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia ini memerlukan perhatian yang cukup besar. Dengan memperhatikan dan menentukan kompensasi nonfinansial diharapkan dapat menambah produktivitas dan prestasi kerja karyawan.

Sejalan dengan perkembangan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Yang telah beroperasi selama 53 tahun, perusahaan ini sekarang merupakan perusahaan ternama dan adanya perencanaan sumber daya manusia sangat dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar berkualitas dan mampu pada bidangnya yang nantinya berguna untuk perkembangan perusahaan sesuai dengan tuntutan jaman serta mewujudkan tujuan perusahaan agar perusahaan tetap eksis sampai kapanpun.

Dari uraian latar belakan masalah diatas mengenai perencanaan sumber daya manusia maka judul penelitian ini adalah sebagai berikut : “Penerapan Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Penentuan Kompensasi Nonfinansial Karyawan di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.”

1.2. Rumusan Masalah

Berdasar hal-hal yang telah dikemukakan diatas, maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :

“ Apakah penerapan perencanaan sumber daya manusia mempunyai manfaat dalam menentukan kompensasi nonfinansial karyawan di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.? ”

File selengkapnya format word dengan total halaman 30 dapat didownload ... klik disini

Semoga bermanfaat buat kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar