Selasa, 07 September 2010

Artikel : 7 Konsep Menuju Kebahagiaan

APAKAH yang diperlukan jika seseorang murung karena adanya masalah ataupun beban besar dalam hidupnya ?
Merenung, murung, depresi bisa dikatakan sinonim terlebih yang terakhir adalah mendekati ke arah keputusasaan, yang bisa saja membuat seseorang menghilangkan unsur akal sehat ataupun realita yang ada.

Untuk menghindari hal yang paling berbahaya sebisa mungkin buatlah diri kita masing-masing selalu merasa bahagia sehingga mewujudkan kebahagiaan. Tidak semua orang bisa memberikan hal terbaik untuk menuju kebahagiaan.

Diungkap disini ada 7 konsep yang mungkin bisa membantu saya, anda, dan pembaca semua untuk menuju kebahagiaan tersebut, yaitu :
1. Biasakan untuk merasa bahagia. Berilah senyum di dalam diri anda, dan buatlah perasaan senang menjadi bagian dari anda. Ciptakan suatu dunia bahagia, dan jadikan suatu harapan untuk menjalani hidup ini setiap harinya.
2. Nyatakan perang pada perasaan-perasaan negatif. Jangan biarkan kecemasan yang tidak realistis menguasai anda. Ketika pikiran-pikiran negatif menyerang anda, lawanlah mereka. Tanyakan pada diri anda sendiri mengapa anda, yang mempunyai hak asasi untuk bahagia harus menghabiskan waktu untuk berkutat dengan ketakutan, kecemasan, dan kebencian.
3. Kuatkan gambaran diri anda. Lihatlah diri anda sendiri pada saat mengalami peristiwa yang terbaik.Visualisasikan waktu-waktu kebahagiaan dan kebanggaan yang anda rasakan. Bayangkan pengalaman masa datang yang menyenangkan dengan arti beri diri anda sendiri pujian terhadap diri anda sepantasnya dan secukupnya.
4. Belajar untuk tertawa. Orang dewasa terkadang meringis atau tertawa kecil, tetapi tidak banyak yang dapat tertawa tulus, tertawa lepas yang memberi perasaan lega dan bebas. Tertawa, ketika dilakukan dengan tulus, dapat membersihkan diri dari segala hal yang negatif. Ini merupakan salah satu bagian dari mekanisme sukses yang mendorong anda menuju kemenangan dalam gaya hidup.
5. Galilah kekayaan terpendam anda. Jangan biarkan bakat-bakat dan sumber-sumber anda mati. Berikan ia suatu kesempatan untuk menghadapi ujian-ujian kehidupan.
6. Menolong sesama. Sikap memberi kepada sesama dapat menjadi pengalaman yang paling berharga di dalam hidup anda, jangan sinis .. mengertilah bahwa banyak orang kelihatannya tidak menyenangkan dan bermusuhan, sebetulnya itu hanya ada di permukaan saja karena akan melindungi mereka dari orang lain. Jika anda memberi suatu hal kepada orang lain, anda mungkin akan terharu pada respons yang penuh penghargaan dan rasa terima kasih dari mereka. Beberapa orang yang terlihat sangat keras, sesungguhnya berhati lunak dan tidak keberatan untuk dikritik. Tetapi harus mengingat bahwa sebisa mungkin anda merasa senang ketika anda dapat memberikan sesuatu kepada orang lain, tanpa mengharapkan keuntungan.
7. Carilah aktivitas yang bisa membuat anda bahagia. Tenis, lari pagi, atau ke gunung ? melukis, menyanyi, atau menulis ? ... Andalah yang harus mengatakan kepada diri anda sendiri. Tetapi suatu kehidupan yang aktif merupakan suatu kehidupan bahagia, jika anda melakukan hal-hal yang baik bagi anda.

Dalam implementasinya, konsep ini memang sepertinya mudah akan tetapi jangan hanya dilihat diluar saja melainkan jalankan sesuatu yang tak terlihat dari konsep diatas, maka anda akan merasakan perbedaan dalam gaya hidup dan jati diri anda.
Konsep diatas diutarakan dan diambil dari artikel buku karangan Maxwell Maitz dalam penggambaran diri menuju kesuksesan.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya dan tulisan ini semoga bermanfaat buat kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar