Senin, 06 September 2010

Race Car >> Jok racing

Jok atau tempat duduk driver pada aktivitas sport seperti drag race maupun kompetisi lain dianjurkan menggunakan jok khusus racing yang pada dasarnya berfungsi sebagai tempat duduk dan khususnya untuk merekatkan bodi pengemudi senyaman mungkin dan pres posisi sehingga rapat.

Beban driver akan terletak pada posisi cara mengemudi, sehingga jenis jok racing juga menentukan tingkat kemahiran si driver itu sendiri. Mekipun berfungsi perekat bodi hingga rapat tetapi berkesan nyaman dan bebas dalam mengendarai adalah fungsi utama dalam pemilihan jok racing dengan disesuaikan bodi si driver.

Untuk presisi dan pas dengan bodi bentuk tubuh driver maka diperlukan modif-modif tersendiri pada saat pemasangan di dalam kabin, yang bertujuan mencapai hasil optimal bahkan maksimal. Sehingga pengemudi / pembalap tetap leluasa dalam bergerak meskipun bodi tubuhnya sudah pas dan presisi dengan jok racing tersebut.


Adapun jenis-jenis tersebut seperti untuk rally, sirkuit, drag, slalom, dan sprint belum tentu sama dan yang paling utama adalah pemilihan berdasar bentuk tubuh/bodi dari si pengemudi karena si pengemudi merupakan salah satu faktor penentu kemenangan.

Sedangkan Perangkat / hardware tambahan untuk pemasangan biasanya disediakan paket pada saat membeli jok racing tersebut, tapi ada pula yang memilih memakai modifikasi sendiri untuk mencapai tujuan seperti diatas. Seperti pada dudukan termasuk joint nya serta track set yang di desain sedemikian rupa hingga membuat posisi duduk nyaman dan bebas tetapi presisi press bodi tubuh tetap dijaga, sehingga pada saat beban  terjadi (lomba/setting) tetap menjaga tingkat kemahiran si driver.

Adapun perangkat tambahan untuk pemasangan di kabin yang diperlukan seperti :

> Baut mur : dipakai sebagai perekat dan memperkuat pada pemasangan ini. Dijual paket atau bisa dibeli di tempat umum karena memang sudah umumnya dalam pemasangan diperlukan baut mur.



> Dudukan dan joint nya difungsikan untuk menempatkan jok supaya tepat dan sesuai dengan lubang-lubang maupun baut tanam yang ada di kedua atau salah satu sisi dudukan maupun jointnya. Diartikan disini, untuk dudukan dan joint adalah menempel pada bodi kendaraan dan bodi jok racing tersbut. Bentuknya belum tentu sama dengan jenis jok racing dimana beberapa diantara teman menggunakan modif sendiri.


Joint

> Track set difungsikan untuk rel maju mundur jok racing tersebut. Ada pula beberapa teman yang tidak membeli paketnya ini karena memang sengaja dipatenkan atau dikunci dimana jok sudah tidak bergerak maju/mundur karena memang kendaraan dikhususkan untuk lomba saja.

Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. kUueren cuuYY,,,

    like this,,

    visit me, please..
    http://uzanck-area.blogspot.com

    BalasHapus
  2. be ready brother ... thanks ya kunjungan nya. Sukses for you

    BalasHapus
  3. Thanks Infonya, mohon ijin share tulisannya.

    BalasHapus