Senin, 04 Oktober 2010

Penting !! hal-hal penting dalam Inovasi dan Perubahan

Dalam melakukan inovasi dan perubahan diperlukan sesuatu yang beda dan baru. Inovasi merevisi, mereduksi dari yang ada. Perubahan ke lebih baik direncanakan dan diimplementasikan. Target yang ditetapkan terlalu tinggi juga berbahaya terhadap penggagas inovasi dan perubahan yang dimaksud. Berawal dari landing, growth, dan stagnan, merupakan prediksi dari inovasi dan perubahan.

Siapapun termasuk manager puncak telah melakukan tindakan karena berbagai alasan, tetapi biasanya yang dikemukakan hanya sebagian saja. Dengan mempelajari masa lalu dan juga latar belakang, kita diharapkan untuk melihat ke belakang kira-kira apa saja hal-hal yang sebenarnya ada tetapi sering kali tertinggal  untuk didiskusikan bersama. Seharusnya ada suatu pedoman standar bagi para eksekutif untuk mengetahui bias-bias implisit yang terjadi, yang sering kali datang tanpa disadari karena pengaruh dari sejarah, sosial, dan budaya.

Sedangkan hal yang penting yang seharusnya ditanggapi merupakan langkah awal dan langkah merawat yang telah berjalan.
  • Pertanyakanlah banyak hal, bukan hanya satu, dua, tiga hal saja, tetapi ada banyak sekali pertanyaan yang bisa digali untuk mencari kemungkinan akan adanya perubahan penting dalam suatu organisasi. Seperti teknologi informasi itu relevan dengan bidang usaha seperti komputer, fotografi, pendidikan, perlengkapan medis, elektronik, dan masih banyak lagi. Diartikan disini Bagaimana perubahan dari berbagai sektor lain akan mempengaruhi organisasi / usaha anda ?
  • Manajemen resiko yang efektif itu sama halnya seperti seni dan bisa dibilang persis. Kita mempertanyakan setiap inisiatif selagi masih ada waktu untuk melakukan penyesuaian.
  • Setiap jajaran eksekutif/manajemen sebaiknya memiliki catatan mengenai perubahan pasar yang terjadi dan apa saja yang telah mereka lakukan untuk menghadapi perubahan tersebut. Ketika ada ide yang tidak berhasil mengatasi keadaan, maka perlu dicatat. Ini bisa menjadi latihan disiplin bagi para eksekutif/manajemen organisasi.
  • Di dalam perusahaan yang tingkat desentralisasinya sangat tinggi pun para pemimpin perusahaan tetap memiliki peranan penting. Bagaimanapun juga pengawasan dari atas masih diperlukan dan diupayakan selalu berkala.
  • Cek dan sesuaikan. Pengawasan terhadap divisi atau bagian tetap diperlukan. Agenda utama yang perlu dimiliki oleh setiap organisasi adalah memberikan nilai tambah pada manajemen divisi yang ada. Bila para manajemen puncak ini tidak bisa memberikan nilai tambah seperti keahlian, merek/brand dagang yang terkenal, penghematan biaya, pengembangan manajemen, kesempatan ekspansi bisnis yang baru, lalu apakah mereka para manajemen ini masih diperlukan juga ?
  • Bila ada revenue dari koordinasi antar unit bisnis, kiranya perlu dirumuskan tujuan utama bersama tim dan insentif ataupun bonus mereka.
  • Jika anda ingin melihat ada inovasi dan perubahan dalam tubuh organisasi anda, maka anda harus bisa memotivasi kesadaran dan memfasilitasi setiap tindakan ke arah sana. Para manajer ini akan memberikan perhatian lebih apabila perilaku positif mereka dihargai dengan kompensasi dan promosi serta didukung oleh budaya perusahaan. Akan tetapi harus siap melakukan eksperimen dan siap dengan kemungkinan gagal. Yang penting adalah adanya inovasi dan usaha perubahan yang bertanggungjawab sehingga organisasi dapat bergerak dan mencapai hasil optimal ditengah persaingan dan kompetisi yang semakin ketat.
artikel inovasi dan perubahan ini diambil dari beberapa buku tentang "Belajar dari Kegagalan" dan dikelompokan oleh penulis untuk dijadikan artikel dalam kemasan yang jelas dan berupa poin-poin yang penting dalam melakukan inovasi dan perubahan.

Terlihat seolah mudah melaksanakannya, akan tetapi perlu diingatkan disini, bahwa inovasi dan perubahan juga membutuhkan suatu biaya, tenaga, dan waktu yang tidak semua organisasi siap menerima gagal apabila tidak berhasil.

Coretan ringkas hasil rangkuman summary ini semoga bermanfaat buat kita semua.

2 komentar:

  1. nice info bos....
    check it out.. klik ini

    BalasHapus
  2. wow .. thank you for visit my blog. Sukses juga buat semua yang disana bos ..

    BalasHapus