Jumat, 03 September 2010

Makalah/resume : Analisa pemasaran terapan "Kopi Kapal Api"


MAKALAH Pemasaran Terapan
SEGMENTASI PASAR

Kopi Kapal Api Grup dan Industri Cafe & Resto

Kopi Kapal Api merupakan produk kopi bubuk yang diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi yang didirikan pada tahun 1927 di Surabaya oleh Go Soe Loet yang berawal dari industri rumah tanga. Seiring usianya yang saat ini telah mencapai 83 tahun, perusahaan ini telah mengembangkan produk kopi bubuknya menjadi bermacam-macam merk selain merk Kopi ”Kapal Api”.
Pada saat tahun 1968 perusahaan ini menggabungkan dan menggunakan teknologi hasil produksi Probat Eropa, lebih tepatnya pada tahun 1970 mereka mempunyai keunggulan bersaing yang sangat tinggi dengan mempunyai mesin dengan teknologi tinggi. PT. Santos Jaya Abadi ini kemudian mengembangkan jaringannya hingga ke seluruh Jawa Timur sehingga selalu tersedianya produk Kopi Kapal Api.
Dengan semakin tertanamnya branded Kopi Kapal Api ini, sehingga 10 tahun kemudian perusahaan ini mengambil langkah tepat dengan membuka pabrik baru di Sepanjang, Sidoarjo dan bersamaan juga memulai pemikiran untuk membuat produk baru sebagai variansi sebelumnya dengan pilihan selera rasa disamping tetap mengembangkan nama branded Kopi Kapal Api ke seluruh Indonesia agar menjadi penyangga utama.
Adapun beberapa produk yang dikembangkan setelah pendirian pabrik baru dan pengembangan pasar ke seluruh indonesia kemudian mereka mencoba membuat produk dengan varian selera rasa yang berbeda-beda sesuai perkembangan persaingan dan rasa yang diinginkan oleh konsumen. Adapun produk dari PT. Santos Jaya Abadi ini seperti Excelso, ABC, Good Day, Ya, dan Kapten. Produk-produk ini juga meraih sukses di pasaran karena mereka sangat jeli untuk memulai pembuatan varian rasa dari kopi.
Berdasar data dari Mars Research, menyebutkan perusahaan ini mempunyai pasar penjualan kopi terbesar di Indonesia dengan pemasaran produk-produknya seperti Kapal Api sendiri yang mencapai 44,3% pada tahun 2007 dan dibawahnya diduduki oleh ABC sebesar 17,9% pada tahun yang sama. Kompetitor ketat mereka adalah dari Nescafe, Torabika, Indocafe, Tugu Luwak, Gelatik, Singa, dsb. Dengan besarnya market share yang dimiliki oleh PT. Santos Jaya Abadi adalah sebuah keuntungan dan kebanggaan branded dari Kapal Api. Untuk detailnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Nama besar Kopi Kapal Api membuat perusahaan lebih mudah untuk memasuki pasar baru sebagai ekspansi bisnis mereka. Sehingga mereka mampu membuat produk-produk varian maupun diversifikasi usahanya. PT. Santos mengembangkan sayap bisnisnya melalui grup perusahaan Kapal Api Global sebagai induk
perusahaan. Adapun perusahaan-perusahaan yang dibentuk oleh Perusahaan ini meliputi industri yang saling mendukung. Beberapa yang telah tercatat di dalam company profilenya sebagai berikut :
  1. PT. Santos Jaya Abadi.
Bergerak di bidang produksi kopi, baik kopi biji maupun kopi bubuk dengan merk-merk antara lain :
Kapal Api, Excelso, ABC, Good Day, Santos, Kapten, dan Ya.
  1. PT. Sulotco Jaya Abadi
Bergerak di bidang perkebunan kopi yang terletak di Toraja, Sulawesi Selatan yang merupakan perusahaan perkebunan kopi swasta terbesar di Sulawesi. Hasil panen selain untuk mensuplay kebutuhan perusahaan juga dijual untuk ekspor.
  1. PT. Excelso Multirasa
Perusahaan yang bergerak di bidang industri kafe (Coffe Shop) dengan branded Excelso. Serta pemasaran kopi biji ke hotel, restoran, dan kafe.
  1. PT. Agel Langgeng
Bergerak dalam bidang produksi permen (candy) dengan branded antara lain : Relaxa, Travela, Yesco, dan Espresso.
  1. PT. Fastrata Buana
Perusahaan yang bergerak di khusus distribusi di wilayah Indonesia, khususnya untuk produk-produk Kapal Api Grup.
  1. PT. Santos Premium Krimer
Perusahaan yang memproduksi krimer dalam bentuk susu sebagai campuran untuk produk-produk Kopi Kapal Api. Salah satunya yang sudah dikenal adalah krimer untuk Frappio yang merupakan minuman terkenal dari Excelso.
Berdasar penjelasan diatas dapat dilihat dan dikategorikan bahwa Kapal Api Global dengan grupnya merupakan salah satu perusahaan yang mampu bersaing dan layak diperhitungkan jika mereka memasuki bisnis baru khususnya bidang industi kafe dan restoran. Grup perusahaan yang berkecimpung di bidang café adalah PT. Excelso Multirasa dengan branded Excelso Café yang didirikan pada bulan September tahun 1991.
Perusahaan ini didirikan untuk mendukung pemasaran kopi Kapal Api serta membentuk paradigma pandangan baru pada masyarakat dalam menikmati kopi yang bisa langsung diseduh dari kopi biji yang digiling dalam mesin. Dalam penyajian makanan, Excelso tidak memfokuskan pada jenis menu masakan, baik lokal maupun makanan asing.
Mereka, Excelso mengedapankan konsep bisnis modern dan disesuaikan dengan kota yang ditempatinya melalui desain dan konsep yang berbeda sehingga mempunyai nilai khas tersendiri. Terbukti saat ini mereka juga menjadi leader pelayanan kopi seduh langsung untuk market domestik. Berjalan dengan waktu hingga saat ini Excelso Cafe telah mempunyai gerai yang begitu banyak dan hampir selalu ditemui di mall-mall maupun supermarket di kota-kota besar yang mencapai lebih dari 100 gerai mulai Excelso Cafe dan De’ Excelso. Adapun segmen pasar yang dibidik adalah kalangan menengah atas khususnya profesional, pebisnis, eksekutif serta penikmat utama kopi serta tidak mengedepankan makanan sebagai menu utama, sehingga mempunyai pengalaman dalam pemilihan segmen pasar kelas menengah atas dan penyajian yang memuaskan. Banyak orang yang mengira Excelso adalah produk asing yang notabene selalu menjajah negeri ini, melainkan sebaliknya, dalam Majalah Swa diesbutkan justru Excelso menantang kedai kopi asing.

Industri Kafe dan Restoran
Industri kafe dan restoran yang tergabung dalam satu konsep dalam pengertian satu atap masih sedikit kompetitornya di Indonesia. Yang sering dijumpai adalah kafe tersendiri dengan makanan apa adanya dalam arti menjual makanan ringan ataupun restoran tersendiri dengan menu makanan khas restoran tersebut. Jika pun ada kita temui, mayoritas yang satu atap diartikan menggabungkan cita rasa dan desain kafe dan resto adalah jenis kafe dan restoran yang terdapat pada hotel-hotel, tempat wisata, dan tempat rekreasi keluarga. Mereka mengelola lokal area tempat mereka berdiri.
Data menyebutkan untuk jenis industri kafe dan restoran ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk perusahaan sekelas Kapal Api Grup.
Untuk jenis Industri kafe dan restoran dengan menu sajian makanan dengan konsep satu atap khususnya di Indonesia seperti contohnya Hard Rock Café, Batavia Café, dan Java Resto. Serta Pemain asing pada industri yang sama seperti Starbucks dan Coffee Bean & Tea Leaf serta DOME. Segmen pasar yang diraih hampir semua industri jenis ini menentukan kalangan menengah atas karena memang merupakan gaya hidup masyarakat modern. Dimana mereka perlu tempat untuk meeting singkat ataupun sekedar membuang lelah. Jenis kafe dan resto lebih lanjut ada di bawah ini.
a. Industri kafe khususnya hanya menyajikan berbagai pilihan minuman dan tidak menjual nilai khas rasa. Disertai makanan camilan sebagai tambahan seperti sandwich, kentang goreng, nugget, dsb. Serta menambahkan makanan ringan yang bersifat penambah menu sebagai pilihan. Terkadang Kafe ini membuat menu sendiri dengan menciptakan nama sendiri seperti kafe-kafe yang terdapat di dalam hotel. Hampir sering kita jumpai jika kita sedang menginap di hotel khususnya hotel bintang 4 dan bintang 5. Konsep yang dibuat sangat sederhana dimana mereka hanya melayani mayoritas tamu hotel bukan menentukan segmen secara detail. Tetapi beberapa diantaranya juga ada yang menjual dengan segmen umum diluar penghuni hotel. Kafe ini mudah dikenal untuk kalangan lokal area dalam arti lokal kota ataupun lokal yang selalu ada mengiringi jika hotel itu berdiri.
Survei dari Jurusan Manajemen Perhotelan UK Petra dan dapat ditemukan di alamat browsing :
  • Pengunjung Kafe jenis kelamin laki-laki mencapai 55% dari 180 responden untuk kafe asing dan 53,33% dari 120 responden untuk kafe lokal.
  • Berdasar usia dapat dilihat untuk pengunjung terbesar pada usia 21-30 tahun yaitu sebesar 48,89% untuk kafe asing dan 44,17% untuk kafe lokal. Terlihat bahwa pengunjung terbanyak adalah usia dewasa diatas 30 tahun.
  • Berdasar jenis pekerjaan untuk kalangan mahasiswa/pelajar sebesar 34,44% untuk kafe asing dan sebesar 33,33% untuk kafe lokal. Sehingga pengunjung terbesar adalah pekerja profesional, eksekutif, maupun pebisnis.
Untuk langkah lebih lanjut mengenai bisnis pada industri kafe dan resto ini setidaknya juga harus melihat pemain asing sebagai kompetitor kuat. Adapun data pelayanan pelanggan menunjukkan juga dapat dilihat dalam tabel dibawah ini :
Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Lingkungan Fisik
INDIKATOR
RATA-RATA
Kafe Asing
Kafe Lokal
Waktu tunggu sesuai kualitas
3.71
3.53
Waktu menunggu pesanan sesuai harapan
3.76
3.5
Menu sesuai selera
4.07
3.92
Ada pengalaman yang baik saat meninggalkan tempat
3.78
3.56
Dalam tabel diatas dapat dilihat pada indikator menu sesuai selera, menunjukkan
pada kafe asing didapat nilai 4.07 yang berarti bahwa kafe asing telah memberikan cita rasa terbaiknya pada pelanggan. Dan untuk kafe lokal nilainya adalah 3.92 dan juga telah benar-benar memberikan cita rasa terbaiknya pada pelanggan.
Terlihat juga pada survei lingkungan fisik kafe dengan indikator yang berbeda. Dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Lingkungan Fisik
INDIKATOR
RATA-RATA
Kafe Asing
Kafe Lokal
Suhu ruangan yang sesuai
3.91
3.77
Tata letak meja kursi tidak membatasi ruang gerak
4.19
3.35
Pelanggan lain tidak menggangu kenyamanan
3.74
3.63
Lingkungan kafe bersih
3.98
3.73
Dapat dilihat pada kafe asing untuk tata letak meja kursi sudah memenuhi syarat kenyamanan dan tidak membatasi ruang gerak pelanggan. Berbeda jauh dengan kafe lokal yang hanya 3.35 di indikasikan kurang nyaman dan masih terlalu dekat antar pelanggan. Begitu pula suhu ruangan, pada kafe lokal dinilai pelanggan adalah sangat bagus dalam arti tidak terlalu dingin maupun panas, hal ini karena pelanggan kemungkinan berkunjung lebih dari satu jam sehingga mereka merasa lebih nyaman berada di kafe lokal.
b. Industri restoran khususnya mengedapankan menu makanan khas yang disajikan tiap-tiap restoran mulai restoran lokal maupun restoran cita rasa masakan asing seperti masakan china, jepang, eropa, arab, dll.
Beberapa restoran cepat saji terlebih hanya menjual produk makanan berat dan untuk minuman hanya sekedar pelengkap minum, tanpa menjual cita rasa minuman. Industri restoran pada dasarnya hanya menitik beratkan pada menu makan sehingga mereka menjangkau segmen tertentu mulai lokal menengah, lokal menengah atas, dan masih banyak lagi.
Restoran dengan menu lokal daerah saat ini sangat booming peminatnya untuk berbisnis atau menjadi pelaku industri restoran ini. Restoran dengan menu makanan asing khusus seperti masakan cina, masakan eropa, masakan jepang maupun ayam goreng sudah banyak dijumpai. Sebagai contoh Mc Donalds, yang sebelumnya hanya pada restoran tetapi saat ini mulai tergerak untuk menambah produk baru yaitu Mc Cafe yang sudah ada di beberapa gerai Mc Donalds walaupun belum menyeluruh seluruh gerai. Hal ini menunjukkan bahwa Mc Donalds sendiri mulai ingin memasuki bisnis kafe dimana merupakan tempat relaks dan pertemuan-pertemuan bisnis.

Bisnis industri kafe dan resto dari Kapal Api Grup
Dari uraian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan sekelas Kapal Api Grup sangat mampu memasuki bisnis pada industri kafe dan resto. Melalui salah satu anak perusahaan PT. Santos Jaya Abadi dari Kapal Api grup yang sebelumnya melalui Excelso-nya telah mempunyai pengalaman dalam mengelola kafe berkelas lebih dari standar nasional diharapkan mampu melakukan ekspansi bisnis di industri kafe dan resto dan berhasil mendapatkan tempat sebagai yang terbaik di bidangnya.
Saat inipun mereka telah membuat, mengenalkan, dan mengembangkannya melalui pembukaan branded baru bernama Grazia Café and Resto by Kapal Api yang
dibuka pada pada tahun 2004 di Surabaya tepatnya di Golden City Mall. Grazia Café ini diperkenalkan dalam konsep suasana desain yang benar-benar berbeda dengan Excelso. Tetap seperti sebelumnya, mereka menggunakan nama tambahan Kapal Api yang selalu mengikuti sebagai pengingat dan pemberitahuan bahwa pemiliknya adalah Kapal Api. Sedangkan konsep yang diberikan adalah suasana tempat keluarga dengan kenyamanan yang tinggi. Segmen pasar yang dibidik oleh Grazia lebih luas yaitu selain pebisnis, profesional, eksekutif mereka mengambil pasar keluarga dengan kategori kelas menengah atas sesuai dengan pengalaman yang dimiliki oleh Kapal Api Grup. Saat ini mulai dibuka pada tahun 2004, gerai Grazia sudah bertambah tetapi masih dibawah angka 10, dapat terlihat dalam jangka panjang kedepan masih menjanjikan untuk industri kafe dan resto ini.
Sajian menu yang ditawarkan juga menghadirkan suasana resto dengan menggabungkan menu masakan khas Eropa dan Indonesia dengan penyajian tetap tidak menghilangkan kopi berkualitas tinggi. Untuk beberapa masakan Indonesia bisa dijumpai pada Grazia Cafe sehingga sesuai dan tepat dengan salah satu segmen pasar yang diambil oleh Grazia yaitu segmen keluarga.
Lingkungan fisik juga nyaman dengan tata letak meja kursi tidak mengganggu pelanggan lain dan suhu ruangan yang hangat tidak terlalu dingin membuat iklim kekeluargaan semakin kental. Sofa dan kursi sekelas saudaranya De’excelso dapat dijumpai disini. Penggabungan desain yang sangat istimewa dengan segmen kelas menengah atas dan jenis pekerjaan beragam merupakan startegi pemasaran dari Grazia Cafe.
Mengenai kompetitor untuk industri ini masih sedikit dan Grazia Cafe merasa pasti bisa sukses mendapat tempat dan dapat menjadi leader serta pioneer industri kafe dan resto seperti yang diraih saudara satu grupnya. Penempatan lokasi tetap pada mall-mall atau supermarket dan bisa juga ditambahkan di bandara-bandara untuk menjangkau segmen pasar yang dikejar yaitu menengah atas. Grazia Cafe ini membuat kompetitor khususnya asing menjadi berpikir dua kali jika mau bermain di industri yang sama karena Kapal Api Grup adalah salah satu pemain industri kafe yang berpengalaman dan handal.
Untuk sumber daya manusia juga harus penting diperhatikan untuk menjaga interaksi dengan pelanggan seramah mungkin supaya pelanggan merasa nyaman yang pada akhirnya akan merekomendasikan dan atau kembali berkunjung lagi.
Lingkungan fisik kafe harus tetap selalu terjaga kebersihannya dan menggunakan produk fisik yang berkelas sehingga menimbulkan image kelas menengah atas.
########################

Boleh dipakai rujukan dan tambahan referensi,
Terima kasih atas kunjungan pembaca, beri komen atau follow sangat membantu saya dan juga ...semoga bermanfaat buat pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar