Senin, 25 Oktober 2010

Artikel : Perfeksionis yang tidak selalu perfect

KEPRIBADIAN PERFEKSIONIS, TDK SELALU PERFECT

Apakah itu Perfeksionis ?, sering kita dengar bahkan dekat dengan telinga, Ya istilah ini boleh dikatakan suatu sifat atau problem kejiwaan dalam diri pribadi manusia yang hampir selalu memiliki kesempurnaan. Bagi Anda yang memiliki sifat atau perilaku perfeksionis, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin belum banyak anda maupun orang ketahui. Berikut ciri-ciri orang perfeksionis :
  • Selalu bekerja dengan sepenuh hati dan totalitas
  • Berambisi untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan
  • Cenderung memaksakan diri untuk melakukan segalanya, walaupun sebenarnya sudah di luar batas kemampuan pribadinya
  • Mudah sekali kecewa, jika ada satu atau sedikit kekurangan saja, yang walaupun di mata orang lain biasa saja dan wajar penilaiannya
  • Cenderung sulit untuk rela mendelegasikan tugas atau pekerjaannya kepada orang lain
  • Cenderung tidak mudah percaya atau terkadang meremehkan kemampuan orang lain
  • Mudah emosi dan sering egois
  • Kontrol logika dengan impian sering berlomba, menang logika atau impian
Sifat perfeksionis tidak selalu mengerjakan semuanya dengan sempurna dan juga bukanlah hal yang jelek, 
namun mungkin bisa sedikit dikurangi atau dikontrol agar tidak sampai merugikan orang lain. Untuk mengontrol sifat perfeksionis, jikapun ada rencana mengontrolnya ... mungkin anda dapat melakukan hal berikut ini:
  • Refreshing dan lebih santai sehingga setiap masalah tidak selalu harus dihadapi dengan serius dan bermuka tegang. Anda bisa berbagi dengan kawan atau bersenda gurau, melontarkan humor ringan ketika bergaul dengan orang lain. Atau jika Anda masih terbilang orang sibuk, Anda dapat sedikit bersantai dengan membaca buku humor atau film lucu. Atau mungkin Anda dapat pergi ke luar kota, atau mengikuti kegiatan lainnya di luar rumah tentunya bersifat relaks.
  • Anda juga dapat bergabung dengan organisasi, perkumpulan anak muda, atau kelompok arisan, dan sebagainya untuk belajar mengenai pembagian kerja dalam kelompok, tugas antar individu dalam satu tim, agar nantinya Anda tidak mudah untuk meremehkan kemampuan orang lain. Anda dapat mulai belajar untuk mempercayai kemampuan seseorang untuk membantu Anda, seperti meyakini kemampuan Anda.
  • Bersikap terbuka, baik saran atau kritikan, dan nasihat serta solusi  yang baik dan tentunya yang membangun atau merubah ke yang lebih baik. Jadikanlah saran dan kritik untuk membangun dan sebagai acuan produktivitas dan semangat kerja Anda, bukan sebagai alasan untuk merendahkan anda atau bahkan berpikiran memojokan anda.
Seseorang yang perfeksionis, cenderung untuk menginginkan semuanya berjalan sempurna dan untuk itu mereka harus melakukannya sendiri, dan akan terus berusaha hingga membuatnya tampak sempurna baginya, walaupun menurut orang lain, sudah baik dan masih dalam kondisi yang wajar. secara prinsip dan logis Untuk itu, diperlukan usaha yang berkelanjutan agar Anda dapat mengubah sedikit demi sedikit kepribadian perfeksionis, menjadi lebih baik.

Bukan jelek atau buruk sementara jika ada kontrol pribadi bisa membuat menjadi semakin baik dan cantik. Improvisasi dan sentuhan terencana akan membentuk pribadi perfeksionis bukan hanya terlihat perfect tetapi bisa jadi memang diakui sebagai perfek dan penilaian ini dilakukan oleh orang lain yang telah membuktikan keperfeksionisan anda dengan melihat dari banyak sisi kenyataan.

Semoga bermanfaat buat anda, saya, dan kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar