Kamis, 14 Oktober 2010

Makalah / paper : Sistem Operasional Telkomsel - Manajemen Operasi

1.   PENDAHULUAN


1.1. Background
Saat ini, dengan masuknya berbagai macam pemain baru dalam dunia selular, membuat persaingan semakin sengit dimana setiap operator membidik segmen-segmen tertentu guna memenangkan pasar. Beberapa operator banyak yang membidik segmen remaja atau pelajar, namun ada pula yang membidik segmen pelanggan korporasi, seperti yang dilakukan oleh TELKOMSEL.
Tidak hanya operator, perusahaan seperti maskapai penerbangan, hotel, restaurant dan sebagainya, mulai concern untuk melayani pelanggan secara korporasi dengan mengadakan perjanjian kerjasama sebelumnya, sehingga pelanggan korporasi tersebut dapat menikmati berbagai layanan tambahan seperti discount serta berbagai macam value added lainnya. Sementara perusahaan-perusahaan tersebut, melalui perjanjian kerja sama juga mendapatkan benefit berupa loyalitas pelanggan untuk selalu menggunakan produknya.
Saat ini, mengingat customer memiliki bargain power yang cukup besar, maka sangat penting untuk menjaga loyalitas dari pelanggan tersebut, terlebih lagi pelanggan korporasi yang cenderung menggunakan produk/layanan dalam level korporasi dengan nominal yang cukup besar.

1.2. Tujuan
Seperti yang telah disampaikan diatas, bahwa tujuan akhir dari konsentrasi ke segmen korporasi adalah untuk menjaga loyalitas dari pelanggan secara korporasi. Adapun demand dari pelanggan korporasi operator adalah sebagai berikut :
a. Kepastian after sales service,  sebab banyak pelanggan yang ingin dilayani secara personal (VIP) walaupun untuk case yang ringan seperti : aktivasi layanan SLI, blokir nomor karena hilang, request PIN, dll

b. Customized solution berdasarkan kebutuhan pelanggan dimana saat ini banyak pelanggan yang membutuhkan solusi komunikasi selular yang disesuaikan dengan kebutuhan dan infrastruktur yang ada pada perusahaan tersebut


2.  IMPLEMENTED STRATEGY

Untuk menjawab kebutuhan pasar akan penanganan pelanggan secara korporasi, maka TELKOMSEL membentuk sub direktorat dibawah direktorat niaga bernama Corporate Account Management (CAM) di bawah pimpinan seorang VP (Vice President) dimana CAM fokus kepada pelanggan korporasi.

Silahkan klik disini untuk download nya, ada 6 halaman format pdf.
Terusss ... jika diperlukan, gunakan pdf converter to word ... banyak gratis di internet tinggal pilih mana yang cocok dengan rekan-rekan... tinggal rubah ke format word. gampang kan ?? ...

Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar