Jumat, 22 Oktober 2010

Makalah / studi kasus : Mc Donalds dan Obesitas

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Masalah
Pengembangan produk dan brand suatu merk ternama merupakan penempatan yang harus berhati-hati karena akan mengakibatkan kesalahan besar dalam meneliti pasar. Begitu pula perusahaan yang memasuki makanan dan minuman harus melakukan penelitian pasar berdasar pada permintaan konsumen, kebudayaan konsumen, perilaku, serta persayratan yang berlaku seperti undang-undang pemerintah.
Dalam industri makanan dan minuman ini, perusahaan akan menetapkan segmen pasar terluas dengan sasaran yang telah diuji. Seperti halnya perusahaan Mc Donald’s telah melakukan uji pasar dan tetap menggunakan sasaran pasar pada anak-anak. Dalam perjalanannya, Mc Donald’s tidak hanya membaca perilaku dan budaya konsumen di setiap tempat di dunia yang terdapat outletnya. Pembukaan cabang di negara-negara Eropa pun juga berbeda aktivitas dalam melakukan peneterasi pasar. Adapun produk unggulannya adalah makanan cepat saji mendapat tantangan dan hambatan dengan diperlakukan dan dikatakan bahwa makanan mereka menjadi penyebab kegemukan pada anak-anak.
Beberapa hambatan tersebut seperti penggunaan iklan dengan selebriti, penahanan iklan melalui media-media anak, perubahan menu makanan sehat sampai dengan undang-undang baru yang dibuat untuk menekan peredaran produk Mc Donald’s. Peranan organisasi kesehatan baik internasional maupun lokal dan pemerintah lokal sangat menentukan kesuksesan atau kegagalan dari Mc Donald’s dalam hal produksi makanan cepat saji ini.
Pendekatan pun dilakukan oleh Mc Donald’s melalui lobi politik pada negara tertentu dan dengar pendapat serta diskusi mengenai rumor yang beredar di negara bersangkutan. Mc Donald’s melakukan hal ini untuk mendapat tempat khususnya pada anak-anak sebagai sasaran utama pasar mereka.
Isu yang berkembangpun diteliti oleh Mc Donald’s untuk diambil argumen terbaik untuk antisipasi berkembangnya isu yang lebih buruk. Sebagai bentuk kepedulian Mc Donald’s, dimana produk Mc Donald’s pun mendukung produk lokal tradisional untuk dicantumkan dalam menu terbaru sebagai makanan sehat dan sebagai diet seimbang.
Mc Donald’s Adalah salah satu perusahaan besar dan berkelas internasional yang berkantor pusat di Amerika dan pada tahun 1955 yang lebih dari 50 tahun yang lalu yang pada saat ini juga telah dikenal perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman cepat saji. Pada tahun 1980-an Mc Donald’s telah memasuki pasar Eropa dengan begitu banyak tantangan produknya, karena telah dianggap sebagai makanan dan minuman penyebab kegemukan pada anak-anak. Besarnya persentase anak gemuk atau kelebihan berat badan ini tidak membuat Mc Donald’s mundur dari pasar Eropa melainkan membuat solusi-solusi terdepan hinga diterimanya produk mereka.
Berjalan seiring waktu dalam pemasaran produk Mc Donald’s pada negara-negara Eropa, mereka Mc Donald’s mendapat kecaman dari berbagai pihak yang berkepentingan seperti organisasi kesehatan lokal negara dan pemerintah lokal karena produk makanan cepat sajinya diindikasikan mengandung sedikit kalori untuk anak tetapi banyak gula pada makanan dan minumannya. Mc Donald’s tetap pada tujuan pasar yaitu membidik anak-anak sehingga diperlukan suatu hal yang menolak pendapat bahwa makanan cepat saji membuat anak gemuk, yaitu dengan cara beraktivitas bersamaan dengan saat menikmati makanan tersebut, maka dibuatlah arena bermain yang menggembirakan untuk anak-anak.
Dengan berjalannya waktu, Mc Donald’s melalui riset dan lobi internasional dengan pihak-pihak yang berkepentingan semakin diterima oleh konsumen dengan perilaku-perilaku yang berbeda di tiap cabang outlet Mc Donald’s sebagai bentuk kepedulian terhadap produk tradisional lokal dan penghargaan terhadap masyarakat.
Dari uraian latar belakang masalah diatas dan dalam pemasarannya di negara-negara anggota Eropa yang mendapatkan kecaman, tantangan, dan hambatan dari pihak-pihak yang berkepentingan maka dalam studi kasus ini akan diambil langkah-langkah solusi terbaik mengingat adanya permasalahan isu kegemukan akibat memakan makanan cepat saji khususnya produk Mc Donald’s dan penyesuaian terhadap perubahan budaya dan perilaku konsumen di negara-negara anggota Eropa.

1.2.   Rumusan Masalah
Berdasar hal-hal yang telah dikemukakan diatas, maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana strategi Mc Donald’s meyakinkan konsumen negara-negara Eropa untuk tetap menggunakan produknya khususnya makanan dan minuman cepat saji ?
2.      Bagaimana Mc Donald’s melakukan aktifitas dan perubahan cara pemasaran dalam rangka memasarkan produk makanan dan minuman cepat saji dengan adanya perubahan budaya masyarakat dan perilaku konsumen ?

Untuk lebih lengkap beserta pembahasan dari studi kasus ini silahkan di download saja gratis. Format Word sebanyak 16 halaman klik disini untuk downloadnya.

Terima kasih atas kunjungan pembaca dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar