Sabtu, 30 Oktober 2010

Komponen Pembakaran Motor Bensin : Karburator

Karburator jenis standar karburator, dimaksut disini adalah karburator yang pada umumnya digunakan pada motor / mesin bensin. Tenaga pada motor bensin diperoleh dari pembakaran campuran bahan bakar ( bensin / premium ) dan udara di dalam silinder, sedangkan campuran ini dikondisikan pada waktu tertentu di dalam karburator. 

Sebagai sumber tenaga maka sebelum memasuki silinder bahan bakar harus bersifat sangat mudah terbakar agar supaya motor dapat menghasilkan daya yang besar dan ekonomis. Keadaan campuran udara dan bensin sangat berpengaruh terhadap kemampuan motor dan pemakaian bahan bakarnya, yang dewasa ini terdapat berbagai macam karburator yang mana keseluruhannya dimaksutkan untuk memperoleh kesempurnaan dalam pembentukan campuran udara dan bahan bakar yang dibutuhkan pada proses pembakaran di dalam silinder motor.

Sedangkan fungsi karburator sendiri adalah untuk mengatur perbandingan
campuran antara udara dan bensin, mengubah campuran tersebut menjadi kabut, menambah atau mengurangi jumlah campuran tersebut yang dimaksut sesuai dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah. 
Dimana kegunaan dari tiap-tiap perlengkapan yang terdapat pada karburator adalah :
  • Pengabut, berguna untuk mempercepat gerakan udara yang masuk ke dalam karburator sehingga bensin dan udara dapat bercampur dengan baik dan berharap optimal komposisi pencampurannya.
  • Klep gas, berguna untuk mengatur banyaknya bahan bakar berupa uap gas yang masuk ke dalam silinder atau dapat dikatakan berguna untuk mengatur putaran motor sebagai pedal gas.
  • Klep udara, berguna untuk memudahkan dalam menghidupkan motor pada saat motor masih dingin dan sedikit sulit untuk distart.
  • Klep cuk otomatis berguna untuk untuk memberi tambahan udara selama klep cuk tertutup sehingga karburator tidak memberikan bahan bakar gas yang mengandung campuran yang pekat.
  • Ruang pelampung ( pengapung ) adalah tempat persediaan bensin dari karburator.
  • Pengapung adalah alat yang difungsikan untuk mengatur tinggi permukaan di dalam ruang pengapung yang bekerja sama dalam rangkaian dengan jarum pengapungnya.
  • Jarum pengapung adalah bagian yang merupakan pintu untuk mengatur masuknya bensin ke dalam ruang pengapungan.
  • Pemancar utama / sproeier adalah alat yang memancarkan bensin selama motor berputar cepat agar diperoleh campuran bahan bakar bensin dan udara yang ideal dengan artian sebanding dan sempurna, tidak terlalu banyak atau kekurangan.
  • Pemancar percepatan berfungsi untuk mengontrol pancaran bensin pada saat perpindahan putaran motor dari lambat ke cepat agar putaran motor menjadi tenang dan baik.
  • Pemancar penghidup berfungsi untuk memancarkan bensin selama motor dihidupkan dalam keadaaan dingin untuk mempermudah menghidupkan motor.
Karburator dengan 4 lubang hisap
Karburator dengan 1 lubang hisap

Penjelasan lebih detail akan segera diulas beserta cara kerja dan jalur perjalanan udara dan bensin itu sendiri. Dimana akan diutarakan tentang type karburator yang telah beredar.

Semoga bermanfaat buat pengunjung dan pembaca sekalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar