Kamis, 19 Agustus 2010

Makalah : Manajemen Perubahan PT Semen Gresik

M A K A L A H

Organizational Behavior
MANAJEMEN PERUBAHAN Oleh PERUSAHAAN di PT. Semen Gresik





Oleh :
Didik Ekatnadi

Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi-Universitas Airlangga
2009

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dalam menghadapi lingkungan kerja yang semakin dinamis dan selalu berubah, maka suatu organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri baik secara internal maupun ekternal. Hal ini merupakan konsekuensi dari suatu organisasi karena telah memasuki era persaingan yang ketat dan selalu berubah.

Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil jika organisasi tersebut dapat melakukan perubahan untuk menghadapi persaingan, tangkas dan cermat, mampu mengembangkan inovasi baru dan selalu siap menghadapi persaingan baru. Akan tetapi tidak semudah yang dilakukan karena perubahan-perubahan yang dilakukan oleh organisasi harus dilakukan dengan melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu.

Perubahan dapat diartikan membuat sesuatu menjadi berbeda di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Untuk merealisasikan perubahan harus menggunakan rencana yang matang dan penuh perhitungan. Seperti halnya yang dilakukan di PT. Semen Gresik (persero) Tbk sebelum melakukan suatu perubahan, perusahaan ini dengan terencana dan terarah melakukan kegiatan perubahan yang berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai.

Adapun yang melatarbelakangi suatu perubahan dalam organisasi adalah bagaiamana kemampuan dari organisasi tersebut dalam bertahan hidup di dalam persaingan yang tinggi dan selalu dinamis baik dari faktor internal maupun eksternal.

Dapat dikatakan bahwa jika suatu organisasi tidak melakukan perubahan, pastinya akan mengalami kesulitan, disorientasi, stress, bahkan mungkin akan tidak bisa bertahan hidup. Sehingga suatu perubahan sudah menjadi keharusan bagi setiap organisasi yang termasuk didalamnya adalah komponen-komponen yang berkompeten dan berhubungan, bukan lagi suatu pilihan melainkan keharusan atau kewajiban yang harus dilakukan untuk menumbuhkan daya juang dalam bertahan hidup.

Dalam makalah ini disajikan adanya manajemen perubahan dalam implementasi eningkatan laba, perombakan karyawan, dan penggunaan sistem TI yang lebih terintegrasi. Melihat fakta dan berdasar data dari Majalah SWA dan inilah.com diperlihatkan bahwa terjadi peningkatan laba yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dan beberapa dapat kami cantumkan. Berita pada inilah.com tgl 10 Desember 2007 ditunjukkan adanya peningkatan laba pada kuartal ke III tahun 2007 sebesar 23,86% atau dari 1,027 Triliun menjadi 1,27 Triliun dan pada tahun ini pula terjadi perombakan manajemen karyawan khususnya dalam perubahan direksi. Peningkatan net income dengan beberapa perubahan direksi ini difungsikan dalam persiapan pembangunan proyek 2 pabrik baru yang diharapkan sudah berjalan pada tahun 2012. Sedangkan di Majalah SWA diberitakan pada tanggal 21 Februari 2008 bahwa adanya perubahan sinergi antara grup Semen Gresik yang saham sebelumnya dimiliki oleh Cemex telah diambil alih oleh Grup Rajawali sebesar 24,9 % dengan harapan mampu meningkatkan produksi tahunan sehingga laba bersih juga meningkat dengan didukung perubahan sistem sumber daya manusia.

Dalam realita yang ada dan pengamatan dari Riri Satria seorang Direktur PPC (People Performance Consulting) mengatakan Grup Rajawali lebih berpengalaman dalam manajemen perubahan dan di senergikan dengan Grup Semen Gresik yang berpengalaman dalam pemahaman industrinya.


1.2. Tujuan Perubahan
PT. Semen Gresik (persero) Tbk melakukan perubahan dalam organisasinya adalah mempunyai beberapa tujuan organisasi yang ingin dicapai yang berfungsi untuk tetap survive dan mampu bersaing. Beberapa tujuan perubahan ini adalah sebagai berikut :
1. Perubahan dalam upaya perbaikan kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
2. Perubahan dalam mengukur kinerja perusahaan berdasarkan peningkatan kapasitas produksi dan laba bersih.

File selengkapnya dapat di Download Gratis ... KLIK DISINI untuk lebih jelasnya, total 19 halaman

Semoga bermanfaat buat qta semua
amin..amin..amin

2 komentar:

  1. Artikel Baguss....
    Gagalnya perusahaan besar masa kini adalah mereka tidak mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam bisnis. Pemikiran mereka terbias kesuksesan mereka di masa lampau.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai Strategi perubahan yang dilakukan Japan Airlines.
    Klik --> Makalah Perubahan JAPAN AIRLINES.

    BalasHapus
  2. Thanks Gan... keep on share. Kami sekarang juga mendirikan konsultan usaha. Kunjungi juga ya http://propumpconsulting.com

    BalasHapus